Rabu, 01 Januari 2020

EKSPEDISI GUNUNG TAMBUSISI


Alhamdulillah Kpb. Splilornis diberi kesempatan untuk mengikuti kegiatan dari BKSDA Sulteng di Morowali.  Kpb. Spilornis diberi tugas untuk mendata jenis-jenis burung sepanjang jalur pendakian Gunung Tambusisi.  Gunung Tambusisi merupakan salah satu gunung yang terdapat di Sulawesi Tengah yang terletak di Kabupaten Morowali Utara dengan ketinggian 2422mdpl.  Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 15-19 agustus 2019.  Untuk tugas pendataan, Spilornis menurunkan 4 personil yang terdiri dari Fajri, Kiki dan Uceng dikomandani oleh Mahdar.
Dari hasil pendataan, ditemukan sebanyak 35 jenis burung di Gunung Tambusisi dengan jumlah populasi sebanyak 152 individu.  Jenis burung tersebut tergolong ke dalam 25 famili.  Dari 35 jenis burung yang ditemukan, sebanyak 17 jenis (49%) diantaranya jenis endemik Sulawesi, dan satu jenis merupakan jenis migran.  Dari 25 famili tersebut, terdapat tiga famili yang mempunyai jumlah jenis sebanyak tiga jenis, yaitu: Apodidae, Columbidae, dan Psittaculidae.  Empat Famili mempunyai dua jenis yaitu: Accipitridae, Alcenidae, Pachycephalidae, dan Timaliidae.  Dan sisanya hanya mempunyai satu jenis.  Dari 35 jenis yang dijumpai jenis burung cikrak sulawesi (Phylloscopus sarasinorum) merupakan jenis burung yang populasinya terbanyak, yaitu sebanyak 15 individu.

Dari kegiatan ini diketahui bahwa tipe habitat antara pos 3 dan 4 merupakan tipe habitat dengan jumlah total populasi dan jenis terbanyak yaitu sebanyak 30 individu dari 12 jenis burung yang dijumpai pada tipe habitat ini.  Tipe habitat antara pos 3 dan 4 merupakan tipe habitat ideal bagi sebagian besar burung di Gunung Tambusisi.  Karena tipe habitat tersebut merupakan tipe habitat yang mempunyai tingkat keanekaragaman, jumlah jenis dan jumlah populasi tertinggi.
Laporan lengkap dapat didownload disini
(Corvus unicolor).
Dokumentasi Tim



Tidak ada komentar:

Posting Komentar