Senin, 12 Oktober 2020

SATU DEKADE KPB SPILORNIS

 

Alhamdulillah meski di tengah situasi pandemik yang berkepanjangan, Kpb. Spilornis masih bisa merayakan hari jadi satu dekade (10 tahun) berdirinya lembaga ini yang dilaksanakan pada tanggal 10-11 Oktober 2020 yang bertempat di Desa Bahagia Kecamatan Pololo Kabupaten Sigi. Kpb. Spilornis didirikan 10 tahun yang silam tanggal 7 Oktober 2010 di Jurusan Kehutanan Untad dan resmi menjadi salah satu lembaga mahasiswa tingkat Fakultas.  Pelaksanaan milad kali ini mengusung tema “Refleksi satu dekade dalam berkarya”.   Acara milad ini sekaligus menjadi acara peluncuran secara resmi karya monumental Kpb. Spilornis berupa buku “Panduan Burung-burung Kampus Universitas Tadulako.

Acara ini dihadiri langsung oleh Pembina Kpb. Spilornis Ibu Dr. Ir. Sri Ningsih Mallombasang, MP. dan Bapak Kepala Desa Bahagia serta beberapa perangkat Desa.  Acara diawali sambutan ketua panitia Abdi S. Husni dengan memperkenalkan Pembina, Dewan ketua dan Ketua harian yang hadir pada acara milad.

“Kami berterimakasih atas kedatangan adik-adik Spilornis Fahutan Untad dimana kedatangan adik-adik kesini memperkenalkan bahwa penghijauan itu penting begitupun burung, terimakasih juga atas hadiah dari adik-adik (buku panduan burung kampus), semoga kedepannya bisa berkunjung kembali ke Desa Bahagia” Ucap Kepala Desa Bahagia dalam sambutannya untuk membuka secara resmi Kegiatan milad.

Dalam kata sambutannya Pembina Kpb. Spilornis menyampaikan banyak harapan dan gagasan: “Insya Allah diwaktu yang lain agenda yang belum bisa kita lakukan sekarang tetap kita laksanakan karena ini juga penting, semacam edukasi kepada anak usia dini agar diberi pemahaman terkait konservasi burung dan pentingnya pohon dan juga kedepannya hasil monitoring burung di Desa Bahagia kurang lebih 4 bulan tiap minggunya itu anak anak dari spilornis sudah mencatat ada beberapa jenis burung yang ada di Desa Bahagia, kita juga berencana untuk membuat buku burung di Desa Bahagia. Amin.

Pada acara rilis buku panduan dimulai dengan sambutan dari tim penyusun buku yang diwakili oleh Moh. Ikbal, yang menjelaskan latar belakang dan proses pembuatan buku.  Acara rilis buku panduan ditandai dengan penyerahan buku panduan oleh Ketua Harian Ansar yang diberikan kepada Kepala Desa Bahagia dan ditutup dengan foto bersama dengan Pembina Kpb. Spilornis.

Acara dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan penanaman dan pembagian bibit pohon, juga melakukan aksi bersih desa.  Acara dilanjutkan malam hari dengan puncak acara tukar kado yang merupakan tradisi rutin Kpb. Spilornis disetiap miladnya.

Bahagia Desanya, Bahagia Lembaganya. Jaya Selalu Kpb. Spilornis, terbang tinggilah selalu tebarkan manfaat dan kebaikan. (Ongky).


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar