Sabtu, 25 Juli 2020

MENGAMATI BURUNG DARI RUMAH (MBDR)

Burung merupakan salah satu jenis satwaliar yang mempunyai penyebaran terluas di dunia, jenis burung dapat dijumpai pada hampir semua tempat di bumi ini, dari tempat dengan kondisi yang normal maupun kondisi yang ekstrim, dari daerah bersalju maupun es sampai dengan puncak pegunungan, dari daerah alami sampai dengan di tengah pemukiman manusia, bahkan ditempat pembuangan sampah masih bisa dijumpai jenis burung.  Dengan kelebihannya tersebut sehingga burung dapat dijumpai dan diamati dimana saja. 
Pada masa pandemik covid 19, Kpb. Spilornis tetap menjalankan berbagai aktivitasnya dengan beberapa perubahan yang menyesuaikan dengan protokol keamanan covid 19.  Selain menjalankan pemantauan burung darat dan burung air serta habitat burung di Lembah Palu.  Kpb. Spilornis kembali meluncurkan program “Mengamati Burung Dari Rumah (MBDR), yaitu program mengamati jenis-jenis burung yang berada di sekitar rumah, baik pekarangan, kebun maupun habitat burung yang terdapat disekitar rumah peserta.  
Program ini bertujuan untuk menjaga keterampilan anggota dalam mengidentifikasi jenis-jenis burung di masa pandemi.  Guna menambah semangat kepada anggota, program kali ini dibuat dalam format perlombaan dengan berbagai hadiah yang menarik.  Lomba ini ditujukan khusus kepada anggota spilornis angkatan 7, 8 dan 9, namun anggota lain juga dapat mengikutinya.

Kegiatan ini dikomandani oleh Wahyu “Ardeola speciosa” sebagai ketua dan Azmi Rahayu sebagai sekretaris.  Kegiatan berlangsung dari tanggal 24-26 Juli 2020.  Dengan format lomba sebagai berikut:
1. Peserta harus mendokumentasikan jenis burng yang diamati, bisa dalam bentuk foto maupun sketsa untuk selanjutnya diserahkan ke panitia melalui nomor whats app yang telah ditentukan
2. Isi dari dokumentasi dilengkapi dengan:
    - Sketsa atau foto burung di lapangan
    - Deskripsi burung yang diamati
    - Nama latin, nama Inggris dan nama Indonesia
3. Membuat video dokumenter dengan durasi 1 menit yang berisi kegiatan atau proses pengambilan data di lapangan.
Semoga kegiatannya sukses dan seluruh peserta mendapatkan hasil yang maksimal serta diharapkan menambah pengetahuan dan peningkatan keterampilan dalam mengidentifikasi burung.  Tetap semangat elang muda.  Selamat Bertanding.  Jaga kesehatan.
(Panitia MBDR 2020).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar