Rabu, 09 September 2020

SYINTA RAHMI: YANG MUDA, YANG JUARA


Syinta Rahmi berhasil meraih juara satu lomba “mengamat burung dari rumah (mbdr)” menyisihkan peserta lainnya dari angkatan 7, 8 dan 9.  Dengan ditetapkannya Syinta Rahmi sebagai juara maka lomba yang diadakan dari tanggal 24-26 Juli dinyatakan berakhir.  Peringkat satu tersebut dia raih berkat hasil terbaik dari semua kategori penilaian, mulai dari laporan hasil pengamatan, video dokumenter, dan dokumentasi lapangan.
Lomba mengamat burung dari rumah digelar bertujuan untuk menjaga kemampuan dan semangat anggota dalam mengidentifikasi burung di masa pandemi.  Masa dimana mobilitas dan aktivitas terbatas akibat wabah covid 19.
Sinta merupakan salah satu anggota termuda yang ikut lomba ini, namun berhasil meraih juara satu.  Secara teori anggota termuda merupakan anggota yang paling minim pengetahuan burung mengingat mereka masih dalam tahap proses penempaan dan jam lapangannya juga masih kurang, namun kondisi tersebut tidak menjadi kendala untuk meraih prestasi maksimal.  Predikat juara satu menjadi luar biasa karena lomba ini juga diikuti oleh senior dua tingkat di atas angkatan termuda di Kpb. Spilornis yang secara prediksi, para senior tidak akan menemui kesulitan dalam mengidentifikasi jenis burung di sekitar tempat tinggal karena jenis burung yang ada telah mereka kenali dengan baik dan juga mereka telah dapatkan diujian naik tingkat.  Lantas apa rahasianya sehingga anggota termuda bisa mengungguli para seniornya dan menjadi juara di lomba tahun ini?

“Sinta besar sekali niatnya ikut lomba dibandingkan dengan peserta lain meskipun dia masih terbilang masih muda umurnya di lembaga, dan kelebihannya dia tidak sungkan untuk bertanya kalau ada yang tidak tahu. Terus salut dengan Sinta padahal dia masih belum terlalu paham tentang burung tapi dia bisa dapat juara karena keseriusannya dan rajin bertanya. (Arun Ketua panitia mbdr 2020).
“Dia aktif di lembaga dan rajin ikut rapat. Sering saya jumpai bersama dan bertanya ke Ansar (ketua harian), baik secara langsung maupun melalui chating untuk menanyakan jenis jenis burung yang dia tidak paham.  (Rio Septian, senior spl).
Dari dua pendapat tersebut sudah cukup untuk menyimpulkan bahwa keseriusan dan tidak meremehkan sesuatu menjadi kunci pemenang utama mbdr tahun ini. (Admin).
Profil singkat:
Nama                            : Syinta Rahmi
Nama lapangan         : Pericrocotus flammeus Forster, 1781
Angkatan kuliah        : 2019
Angkatan lembaga   : Angkatan 9
Dokumentasi Lapangan


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar