Jumat, 05 April 2024

PELATIHAN ANALISIS DATA DASAR EKOLOGI KPB SPILORNIS, IS BACK.

 

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dan lingkungan tempat mereka hidup. Salah satu aspek penting dalam ekologi adalah analisis data, yang memungkinkan para peneliti untuk memahami pola, tren, dan hubungan antara faktor-faktor ekologis yang beragam. Pelatihan analisis data dasar ekologi menjadi esensial bagi para ilmuwan untuk menghasilkan wawasan yang berharga dalam menjaga keanekaragaman hayati dan memahami ekosistem yang kompleks.

Analisis data dalam ekologi tidak hanya membantu dalam memahami perilaku spesies dan ekosistem, tetapi juga memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik dalam konservasi alam dan pengelolaan sumber daya.

Pelatihan analisis data dasar dalam ekologi adalah langkah penting dalam mempersiapkan para ilmuwan masa depan untuk mengatasi tantangan konservasi dan pengelolaan sumber daya alam. Dengan memahami konsep dasar dan teknik analisis data, para peneliti dapat mengungkap kekayaan informasi alam yang berharga, memungkinkan langkah-langkah yang lebih efektif dalam memelihara keanekaragaman hayati dan menjaga keseimbangan ekosistem kita.

Mengingat pentingnya analisis data dasar ekologi, maka KPB Spilornis menginisiasi program Pelatihan Analisis Data Dasar Ekologi. Alhamdulillah, pada tanggal 30 Maret 2024, Divisi Litbang KPB Spilornis yang dipimpin oleh Lista Iwarangta memulai kembali program pelatihan tersebut. Pelatihan ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap periode kepengurusan Spilornis, dan tercatat ini adalah pelatihan kedua yang diadakan.

Program ini terbagi menjadi lima sesi, yang diselenggarakan setiap dua minggu sekali. Keseluruhan sesi tersebut mencakup 11 jenis analisis data. Di pelatihan tahun ini, ada tambahan analisis penting yaitu analisis penduga spesies Chao 2, sehingga jumlah analisis dalam pelatihan kali ini menjadi 12.  Jumlah analisis tersebut kemungkinan masih bertambah sesuai dengan kebutuhan di masa mendatang.

Pelatihan ini ditujukan khusus untuk anggota juvenil KPB Spilornis (Angkatan 2023), sejalan dengan fokus lembaga untuk memberdayakan Angkatan muda di Fakultas Kehutanan. Hal ini bertujuan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul di Fakultas Kehutanan Universitas Tadulako serta di KPB Spilornis secara khusus. Selain itu, program ini juga membantu anggota dalam menyusun skripsi mereka di masa mendatang.

Materi pelatihan ini disampaikan secara khusus oleh Dr. Moh. Ihsan Nur Mallo, salah satu pendiri KPB Spilornis. Materi tersebut adalah berbagi ilmu Ekologi Kuantitatif yang beliau peroleh selama studi di IPB University, Bogor. Selain diikuti oleh anggota termuda Spilornis, pelatihan ini juga dihadiri oleh mahasiswa yang sedang dibimbing oleh Dr. Moh. Ihsan Nur Mallo, dengan tujuan untuk mempermudah analisis data penelitian mereka dan membantu kelancaran penyelesaian studi.

Menyala abangku..materi dimulai di tengah terik matahari kampus yang maksimal
Tidak cukup kursi di sarang Spilornis, peserta dibagi dua kelompok, ini kelompok pertama
Peserta kelompok dua, lagi sibuk sibuknya
Lagi khusyu mengerjakan materi latihan soal 
Seperti kata pepatah: setiap pertemuan pasti ada foto-foto

Flyer materi pelatihan tahun pertama
Suasana pemberian materi
Cuplikan materi analisis penduga spesies chao2







Tidak ada komentar:

Posting Komentar